2 Bulan yang Terlewatkan

[link]
Kepada para penghuni blog ini walaupun sepi,

Terima kasih telah membaca tulisan demi tulisan yang sudah dipos ke sini. Sorry banget karena sudah lama nggak pernah lagi ngepos tulisan apa aja yang akan dimasukkan ke blog ini. Selama saya pergi sementara tanpa bilang dulu, banyak hal hal yang dilakukan tanpa tiap kali menceritakannya di sini. Kali ini, hanya tulisan pendek. Kenapa? Nggak hanya tulisan ini saja kan yang pendek, tulisan tulisan terdahulu juga ada yang pendek. Oh, gitu. Hh.

Oke, kegiatan yang saya lakukan selama ini nggak ada guna gunanya juga sih, ada yang sedikit, tapi kemungkinan menurut saya kegiatan ini sedikit perjuangan tanpa setengah setengah. Hh. Namanya anak muda jaman sekarang, banyak maunya, banyak malasnya. Tapi, kegiatan ini diadakannya lomba ....
Oke, kalimat sebelumnya saya potong dulu biar penasaran. Hh. Maksud saya memotongnya biar tulisan ini menarik walau hanya tulisan pendek. Benar kan?

Mulai dari hal hal belakangan ini. Saking lamanya saya nggak updet lagi tulisan selama bulan februari sampai maret ini, selama DUA BULAN ini, membuat saya resah ketika di detik detik terakhir ini. Sebelumnya nggak merasakan ini waktu lamanya selalu bersantai dengan Tab Samsung Galaxy ini punya ibu saya yang sudah dibeli beberapa bulan yang lalu, setelah saya menulis "Surat Untuk Seseorang" yang dibaca sama pengunjung blog yang saya follow untuk blog ini lalu memberikan komentarnya yang katanya surat disitu mempunyai makna mendalam. Terima kasih ya! :)

Kali ini, saya ingin bercerita banyak mulai dari satu,

1. Harga tab tersebut lebih mahal dibanding dengan harga tab yang dijual murah murah itu. Terkadang, harga yang murah belum tentu bagus, dan harga yang mahal belum tentu bagus. Rasanya sama saja kaitannya. Jadi, tab ini dibeli di Samarinda. Harganya sekitar empat jutaan hanya ibu saya yang kepengen bisa baca surah Al-quran tanpa membawa buku lalu membuka halaman demi halaman yang selalu ibu saya lihat teman sepengajian yang juga punya tab sebelumnya. Yang menjadi kesan saat memegang tab adalah dari besarnya layarnya, dengan mudah kita menggerakkan  jari. Jadi, praktis dari tab yang dengan mudah dapat mencari surah yang diinginkan. Ya, memang sebenarnya tab ini digunakan untuk ibu di acara pengajian, tapi sebagian besar digunakan saya, adek, kakak untuk bermain game. Memang, game game berbasis android mempunyai grafik sangat bagus, enak dipandang mata lagi. Contohnya waktu main Zenonia 5.

Karena gara gara tab ini ada, semuanya pada mamerin tab mereka sendiri, mulai dari adeknya ibu saya sampai tantenya ibu saya.

2. Yang sering main di tab ibu saya hanya saya dan adek, kaka saya jarang. Kalo ngebahas game yang selama ini saya mainkan, banyak kok. Dari sekian banyak yang saya download sampai dihapus, kita ambil game yang pertama The Tribez & The Castlez. Game ini diunduh 100 ribu +. Maklum masih baru baru aja waktu saya iseng buka play store karena mau download game apa yang bagus bagus. Game ini mempunyai grafik yang bagus sekali menurut saya, karena diibaratkan grafisnya seperti kota zaman dahulu. Ya, begitu sih. Disitu, kita bisa membangun rumah, training yang harus diselesaikan, menanan, sampai menyerang musuh. Banyak juga kelengkapan dalam bermain game ini, cuman tulisan yang ditampilkan kecil, jadi nggak enak juga. Tapi, lama kelamaan pasti bisa kok. Ukuran game ini hanya berukuran 19 MB-an lah, tapiiii kalo untuk datanya, bisa sekita 200-an MB. Terus game ini membutuhkan jaringan wifi. Karena di rumah sini nggak ada jaringannya, terpaksa game yang saya mainka sampai sejauh ini akan dihapus gara gara nggak bisa dibuka lagi.

Untuk lebih jelas tentang game tersebut, silahkan download game nya di playstore kalo intenetan di hape android kalian.

Yang kedua game Ice Age Village. Game ini menurut saya lumayan bagus, karena tanpilannya memberi kesan 3D bisa memikat para gamers android jika hanya dilihat dari screen shoot saja. Menurut saya, game ini sepertinya berjalan berdasarkan cerita filmnya. Game buatan Gameloft ini ternyata bisa bermain mini game yang sudah disediakan untuk item spesialnya sesuai level yang kita peroleh. Terus lahan yang kita gunakan untuk tempat habitat dan dekorasi nggak hanya di atas es, tetapi kita bisa membuka lahan dinosaurus jika kita membelinya pake Acorn (uang jenis kedua), sesuai dengan film di Ice Age keberapa ya?. Tapi, seiring level yang kita naikkan terus menerus, harga untuk membukanya berkurang sedikit demi sedikit. Jadi, kita bisa ambil untung.

Di habitat yang kita beli sesuai dengan misi apa yang disuruh, kita bisa membeli sepasang suami isteri lalu membuat telur yang kita bayar. Untuk menetasnya memerlukan waktu tergantung dari habitatnya sendiri. Terus kita bisa mengoleksi habitat dan memperoleh hadiah. Fitur teman juga ada bila kita mengundang teman sampau banyak.

Game ini diunduh sebanyak 10 juta + unduhan. Kebayang kan? Betapa larisnya game ini. Gameloft ternyata punya simpanan game yang bagus gini terus grafiknya yang minta ampun saking bagusnya.

Oh iya, untuk sesi pertama, game ini memerlukan data internet atau wifi untuk mendownload datanya. Lalu untuk selanjutnya, kalian bisa bermain sepuasnya.

Trik dalan bermain game berlaku juga lho! Tapi, trik ini hanya dari ide teman kakak saya yang memberitahukan cara mendapatkan uang yang banyak hanya dalan sehari selama kita bermain. Lalu, karena saya penasaran waktu kakak saya bermain game The Tribez atau untuk yang lainnya. Caranya begini :

     1. Buka setting atau pengaturan!
     2. Cari dibagian sistem lalu tekan tanggal dan waktu
     3. Tekan di tulisan "pemulihan waktu automatis". Bagi yang sudah dicentang, mohon untuk tidak dicentang. Bagi yang tidak dicentang, lewati langkah ke-3 ini.
     4. Bila tanda centang dibatalkan, maka tulisan dibawahnya yaitu tanggal dan waktu akan bisa kita tekan. Maka, aturlah sesuka kalian waktu atau tanggal yang ditentukan, tapi jangan dihitung mundur, harus maju. Nah, hal inilah yang memudahkan waktu untuk memanen uang di bangunan atau tanaman cepat selesai. Biasanya saya mengatur tanggal saja secara bertahap agar dengan mudah untuk mempercepat waktu semuanya.
     5. Bila sudah bermain, centanglah tulisan "pemulihan waktu automatis" agar waktu dan tanggal teratur kembali seperti semula. Bila ingin bermain lagi, hanya mengikuti lagi petunjuk nomor satu sampai empat!
Mudah bukan?! Dalam sehari saja, uang kita pasti akan bertambah banyak bila kita rutin mengatur ulang lagi tanggal dan waktu. Ingat, jangan mengaturnya berturut turut ke belakang, harus ke depan seperti arah jarum jam.

3. Waktu itu hape nokia kakak rusak nggak tahu kenapa, mungkin sudah berapa kali jatuh ke lantai secara nggak dsengaja. Entah kenapa,  setiap ada yang membeli hape baru, pasti yang lain kepengen dibelikan juga. Nggak semua orang tua mau menuruti keinginan anaknya, jadi terima apa adanya saja waktu mata panas ngeliat kakak beli smartphone Samsung Galaxy Ace 3. Kayaknya smartphone ini kalo masih baru baru sekitar 3 jutaan, tapi karena lama kelamaan dijual, jadinya harga smartphone ini 2 jutaan saja. Dan biasa hape yang mau orang tua terima waktu kita beli hanya sampai 2 jutaan saja. Tapi tidak dengan ibu saya yang bapak mau maunya beli tab yang harganya dua kali lipat dari 2 jutaan. Tapi, hanya untuk orang tua. Untuk kita pasti harus dibatasi, kalo dibiarkan kan bahaya. Hh. Kita sih kepengen gadget mahal, tapi ingat usaha orang tua sewaktu mencari nafkah buat kehidupan. Kadang kita merenung hal beginian waktu kita rewel minta dibelikan apa yang kita mau. Karena orang tua nggak bisa, terus memarahi kita, hal inilah yang memberi kesempatan kita merenung dan hal apa yang sebaiknya harus kita lakukan, termasuk kegiatan positif. Tanpa sadar, kita telah banyak melakukan kesahalan di luar kesadaran kita, entah itu melawan orang tua, berbuat kenakalan yang diluar batas yang bikin orang disekitarnya sakit hati. Karena kata "maaf" adalah satu kata yang bisa memulihkan emosi dengan baik. Kan sudah disebutkan, ikatan benang merah adalah segalanya.

4. Karena saya suka membaca buku novel, jadi novel yang dibeli walaupun hanya satu pake uang orang tua akan saya baca sampai habis. Saya sih kalo udah semua novel yang sudah saya lahap semuanya tidak akan membaca lagi secepatnya walaupun nggak ada ngapa ngapain. Saya kepengen membaca ulang dari semua buku yang dikumpulkan kalo sudah waktunya saya ingin. Misalnya satu tahun ke depan, atau hanya menunggu waktu sampai kita sudah besar lalu rindu sama novel yang sudah lama nggak dilahap. Kan kasihan bukunya kalo dibiarkan, bisa basi lho! (Memangnya makanan!?).

Dari sebagian orang yang penggemar novel, biasanya kalo koleksi bukunya nggak dibaca lagi atau sudah bosan akan menyumbangkan kepada orang yang membutuhkan, itu sih kalo buku pengetahuan, kayaknya novel belum tentu. Ada juga yang menyimpannya di tempat lain agar terjaga biar nggak hilang. Misalnya di perpus, kalo iya. Diperpus, kita bisa menyumbangkan bukunya. Ternyata di perpus ada kumpulan buku buku novel, ya? Selama ini, saya merasa cuman ada koleksi cerita anak anak, buku pelajaran, sampai buku ensiklopedi. Saya tahu hal ini ketika guru Bahasa Indonesia membuat tugas untuk mencari unsur unsur intrinsik novel terjemahan, novel terjemahan bisa didapat di toko buku jika membeli atau meminjam buku di perpus daerah misalnya. Karena saya ada buku novel terjemahan satu, jadi tidak perlu meminjam. Saya suka buku ensiklopedi seperti buku pengetahuan umum. Memang asik dibaca, karena bisa mengetahui bagaimana dinosaurus hidup di zaman sebelum manusia hidup, apa saja yang dilakukan nenek moyang dalam menjalani hidup, mengapa manusia tidak mempunyai sayap, lalu sejarah berdirinya indonesia, mengundang kita untuk membaca lebih lanjut dan lebih dalam. Sayangnya, di perpus kita hanya bisa meminjam buku sampai banyak lalu mengembalikan buku dalam waktu yang sudah ditentukan. Seperti sebuah pertemuan yang tidaj abadi, pasti selalu ada perpisahan. Saya suka buku yang dibeliin pake uang ortu (hh, sorry :D), walaupun hanya sedikit yang kita koleksi, buku buku kita akan selamanya ada, di rak kita sendiri.

Jadi, kalian pilih yang mana, meminjam buku di perpustakaan walau hanya sementara atau membeli buku di toko buku walau uang habis? Hh. Mending keduanya saja ya, biar sama untungnya. 

5. Nah, disinilah bagian terakhir yang saya lakukan selama dua bulan yang terlewatkan ini, dan juga lanjutan kalimat yang dipotong sebelumnya. Saya disuruh ibu guru Bahasa Indonesia untuk lomba membuat puisi yang diadakan di Aula SD YPK bontang kayaknya. Aula ini pernah saya masuki untuk pertama kalinya ketika mengikuti lomba Poster Narkoba dulu sama teman dan kakak kelas. Jadi, saya pertama disuruh membuat puisi tantang keindahan hutan Kal-tim ini. Memang banyak kesalahan kata, penambahan kata, dan penggantian kata yang harus saya perbaiki sewaktu dikumpulkan berkali kali di meja guru. Akhirnya, selama seminggu saja mulai dari hari Selasa karena hari Senin kemarin libur, saya berhasil membuatnya dan lolos untuk masuk ke lomba Puisi ini. Kata ibu sewaktu saya mengumpulkan untuk membuat lembar baru setelah sebelumnya banyak coretan sana sini, puisi ini sementara dibuat untuk persiapan jika tema yang dikatakan nanti di Aula sana sama dengan puisi yang saya buat, yaitu "upaya penghayatan dan penguatan karakter anak bangsa dengan nilai nilai budaya yang berada ditengah tengah masyarakat". Iya, ini untuk subpuisi kayaknya kata ibu. Tapi kalo tidak sesuai, apa boleh buat? Saya harus membuat baru lagi sesuai dengan tema yang diangkat nanti. Ternyata tidak sampai disitu saja, saya harus menghafal sebanyak mungkin puisi yang telah saya buat untuk ditest kayaknya disana. 

Karena telah berhasil, saya disuruh ibu untuk ke Aula SD YPK Sabtu depan jam delapan pagi diantar ibu saya sendiri. Fyuh, untung saja ini karya tulis karena tanpa membacakannya di depan banyak orang. Saya sih orang yang grogi seperti anak pada umunya sewaktu di depan banyak orang.

Oh iya, lomba ini kalo juara satu dapat uang 10 juta lho! Nggak tahu kalo jura 2 dan 3. Jadi, mohon dukungan dan doanya ya teman teman! :) Saya sangat mengharapkannya lho! 

Kalo kalian penasaran dengan isi puisi yang saya buat, tunggu di post berikutnya, ya!


Sampai jumpa,

[BID]

3 Komentar:

Vall. mengatakan...

Yay! Selamat datang kembaliiii ~! (?) Senang bisa melihat postingan barumu ! Seperti biasa postinganmu sangat berbobot ~ jadi nge-fans XD *plak* Ah iya selamat berjuang buat lomba puisinya ya ! Ditunggu post berikutnya ~!

nyunyuk mengatakan...

Yup! Untuk post berikutnya tentang puisi yang saya buat. Penasaran? hh.

Unknown mengatakan...

Supaya apa kamu bilang HABITAT??? -_-"

Posting Komentar